Home » » Melatih Ayam Serama Berdiri Tegak

Melatih Ayam Serama Berdiri Tegak

Selain karena faktor keturunan, penampilan ayam serama dapat juga dioptimalkan dengan cara melatih. Seperti bagaimana cara melatih agar ayam Serama dapat berdiri tegak, ada banyak cara, mulai yang ekstrem sampai dengan “normal” tergantung sama si empunya Ayam Serama. Yang saya lakukan disini adalah bagian yang normal saja, karena nggak tega pakai yang cara ekstrem.
Berikut beberapa teknik yang bisa dilakukan :

Teknik Pemijatan atau Peregangan
 Bertujuan untuk melemaskan otot-otot pada Ayam Serama agar tidak kaku.
Langkah pertama masukkan ibu jari dan jari telunjuk diselah-selah pangkal sayap ( gambar 1 ) tarik ke dalam dan tahan. Kemudian jari tengah menopang dada bagian bawah dan angkat ke atas ( gambar 2 ). Langkah kedua lakukan pemijatan pada pangkal leher bawah bagian belakang searah ke bawah ( gambar 3 ) lakukan dengan hati-hati usahakan agar kepala ayam serama selalu lurus menghadap ke depan, untuk menghindari cedera / terkilir, lakukan selama 15 – 30 menit setiap harinya.

Pijat bagian Dada
Bertujuan untuk membentuk dada pada Ayam Serama agar dapat membusung secara optimal. Caranya letakkan Ayam Serama pada permukaan meja dan pastikan kaki berdiri sempurna. Kedua jempol kita menahan tulang ekor ke atas, kedua jari kelingking menahan di belakang kaki, 3 jari sisanya tepat di dadaAyam Serama (seperti dalam gambar) melakukan gerakan ke atas dan tahan, jari telunjuk kiri dan kanan ( tanda panah ) melakukan gerakan mengetuk lembut pada dada Ayam Serama secara bergantian.

Teknik Sangkar Kawat
Tempatkan Ayam Serama pada sangkar kawat dengan tutup setinggi leher, agar Ayam Serama selalu mendongakkan kepalanya jika melihat keluar, tempatkan dari pagi hingga sore hari. Demikian juga pada kandang, tempatkan wadah pakan dan minum juga setinggi leher Ayam Serama.

 Teknik Unthulan
Merupakan teknik kuno tapi cukup efektif, dengan cara menempatkan ayam serama yang dilatih dalam sangkar kawat lalu diluarnya (dapat juga diatas sangkar) diberi pejantan atau betina lain, dengan tujuan merangsang naluri emosinya bekerja
 

0 comments:

Post a Comment