Home » » Cara Merawat Anakan Ayam Serama

Cara Merawat Anakan Ayam Serama

Cara Merawat Anakan Ayam Serama sesuai umur adalah salah satu cara menghasilkan ayam serama yang berkualitas. Ini adalah cara memelihara ayam serama yang saya lakukan pada ayam serama saya. Semoga saja dapat membantu dalam Merawat ayam serama
Berikut Tipsnya dan caranya :.

Umur 1 - 3 hari
Anak ayam serama dapat bertahan tanpa makanan dan minuman selama tiga hari. Apabila anak ayam serama ditetaskan dengan menggunakan inkubator, biarkan selama 48 jam untuk mengeringkan bulunya. Kemudian ayam tersebut dapat dipindahkan ke dalam kotak kayu / kandang khusus yang dilengkapi dengan alat pemanas biasanya menggunakan lampu bohlam 15 watt untuk menjaga suhu anak ayam yang masih baru menetas.
Baca Juga : Merawat Anak Ayam Serama Tampa Indukan

Umur 4 – 75 hari
Kotak kayu dapat menampung ayam Serama umur 3 hingga 90 hari. Berikut ini adalah peralatan yang diperlukan :
1. Sumber panas selama 24 jam
Lampu bohlam 10 hingga 15 watt harus dinyalakan selama 24 jam. Bohlam digantung agak tinggi dari kepala anak ayam. Ini untuk menghindari pancaran cahaya secara langsung kepada mata ayam. Pancaran cahaya yang berlebihan akan mengakibatkan stress pada mata dan masalah - masalah lain pada anak ayam.
2. Lantai
Alasi lantai kotak / kandang dengan beberapa helai kertas koran. Saat membersihkan kandang, buang saja lapisan yang ada di atas. Lapisan yang bawah masih bisa digunakan untuk hari berikutnya. Jangan gunakan kertas yang keras dan licin. Ini berbahaya untuk kaki anak ayam. Jadi gunakanlah kertas yang lembut dan tidak licin.
3. Tempat makanan dan minuman
Anda bisa membuatnya sendiri. Gunakan botol mineral yang bentuknya persegi berukuran 0.5 liter (500 ml). Makanan dan minuman yang dijual di toko hewan / pets shop juga bisa digunakan. Tetapi harus disesuaikan dengan tinggi dan perkembangan anak ayam.
4. Kebersihan
Lebih bersih tempat ayam akan lebih sehat anak ayam anda. Jagalah kebersihan kotak tersebut sebersih mungkin. Pembuangan kotoran dan koran yang bdigunakan harus dilakukan setiap hari. Bekas air minum yang digunakan harus dicuci setiap dua hari sekali. Ini bertujuan untuk menghindari jangkitan penyakit. Makanan dan minuman harus diganti setiap hari.
5. Bentuk kotak kayu / kandang
Biasanya kandang yang digunakan kandang yang dapat dibeli di pet shop. Biasanya yang digunakan adalah kandang kucing.
6. Berjemur dan bermain pasir
Bila anak ayam sudah mencapai umur satu setengah bulan dan seterusnya, anda boleh membiarkannya berjemur. Ini dapat menyehatkannya di samping pancaran matahari dapat membunuh bakteri yang ada di celah-celah bulunya. Berjemur juga dapat merangsang pertumbuhan tulang anak ayam.
Baca Juga : Kandang Yang Baik Untuk ayam Serama

Lebih dar 75 hari

Apabila anak ayam serama sudah membesar, anda harus mengganti alat yang digunakan untuk merawat anak ayam.
1. Sumber panas
Tukarkan lampu bohlam 15 dengan 5 watt. Karena anak ayam yang berumur dua setengah bulan sudah mempunyai banyak bulu. Bulu-bulu ini akan keriting bila suhu terlalu panas.
2. Tempat makanan dan minuman
Ayam serama yang semakin besar akan membutuhkan makanan yang lebih dibanding dengan anakan yang kecil, anda perlu mengganti tempat makanan menjadi yang lebih besar sesuai dengan tinggi dan perkembangan serta nafsu makan anak ayam. Pengawasan yang teliti terhadap makan dapat menentuan ukuran terbaik bagi anak ayam tersebut.

0 comments:

Post a Comment