Home » » Ayam Bangkok Aduan Super

Ayam Bangkok Aduan Super

Ayam Bangkok amat terkenal di kalangan pehobi ayam petarung di Indonesia. Ayam yang berasal dari Thailand itu diakui punya kualitas yang bagus sebagai jagoan di arena. Jadi, jangan heran bila di pasaran ada banyak ayam bangkok yang dijual. Soal kualitas pun beragam, dari yang bermutu impor sampai hasil silangan lokal. Lantas bagaimana cara memilihnya?
ciri-ciri umum ayam bangkok dapat dilihat dari batok kepala dan tulang alis yang tebal, kepala berbentuk buah pinang, bulu mengilap dan kaku, kaki bersisik kasar, saat berdiri sikap badannya tegak, mata masuk ke dalam, pukulan keras dan akurat serta pandai memukul bagian vital lawan.
Iwan juga mengingatkan untuk berhati-hati waktu memilih ayam bangkok yang akan dijadikan jagoan. Jangan sampai Anda merasa kecewa lantaran ayam yang ditawarkan tak sesuai dengan harapan. Sebab saat ini ayam bangkok yang beredar di pasaran cukup banyak jenisnya. Ada yang beneran impor, anakan impor, dan ada pula yang lokal.
“Kualitas ayam bangkok impor biasanya 80% lebih unggul dibanding lokal. Itu bisa dilihat dari gaya bertarung, daya tahan tubuh, maupun kekuatan pukulannya. Faktor-faktor krusial yang amat berpengaruh pada mutu ayam bangkok impor: kualitas bibit (genetik), perawatan yang tepat sejak usia dini, dan pemberian vitamin secara teratur.Berikut ini sekilas ayam bangkok aduan

gambar fisik ayam bangkok aduan

                                            gambar milik ayambangkokpro.blogspot.com
Ayam bangkok yang bagus harus mempunyai kepala, leher, badan, kaki yang yang berkaturanggan tingkat atas, karena hampir semua ayam bangkok aduan berkaturanggan dan tidak semuanya ayam bangkok aduan memiliki keistimewaan dalam bertarung dan keistimewaan dalam katuranggan. Ayam bangkok super yang bisa memukul ko atau membunuh lawannya biasanya mempunyai ciri fisik dan kekuatan ayam yang terlihat menonjol. Untuk mengetahui kekuatan ayam bangkok bisa anda cermati tentang ciri fisik ayam bangkok aduan yang sebagai kekuatan dan senjata yang bisa diandalkan. Untuk kekuatan dan senjata ayam aduan terletak pada kaki ayam aduan tersebut. Ayam bangkok super yang mampu memukul KO/membunuh lawannya dalam bertarung biasanya memiliki ciri kaki yang istimewa dan unik yang tidak dimiliki kebanyakan/semua ayam aduan lainnya. Adapun ciri kaki tersebut bisa anda simak dengan gambar dan keterangan sebagai berikut.

Kaki dan Sisik Ayam bangkok

  • Kaki ayam bangkok aduan dengan sisik terbagi 2 pada jari tengah atau jari samping. Ayam yang mempunyai kriteria seperti itu sudah bisa di pastikan walaupun belum 100% ayam mempunyai pukulan yang sangat keras kearah leher dan kepala. Pukulan tersebut itu mampu memutuskan tulang leher ayam aduan.
  • Kaki ayam bangkok aduan dengan sisik dijari tengah/samping pecah antara 3-5 sisik, ayam semacam ini mempunyai pukulan keras dari arah depan yang mampu mengaburkan lawan.
  • Kaki ayam aduan dengan ukuran kaki yang sangat pendek berbentuk bulat dengan sisik ubed, ayam semacam ini bisa mempunyai pukulan yang sangat menyiksa lawan.
  • Kaki ayam bangkok aduan dengan sisik disetiap ujung jari pecah atau setiap sisik pecah dan letaknya didekat kuku ayam. Ayam semacam ini mempunyai pukulan sangat keras yang mampu merusak gaya tarung lawan. Biasanya ayam semacam ini memukul keras kearah leher, badan, kepala dan mampu merusak bagian tubuh lawan.
  • Kaki ayam bangkok dengan sisik kaki yang berderet 3-4 atau bisa disebut sisik kulit salak yang mempunyai sisik selip dibagian jari yang berjumlah sekitar 5 keatas dan makin banyak akan semakin kuat ayam dalam memukul.
  • Kaki ayam bangkok aduan dengan sisik mulus seperti menjalin yang disebut satria sinekti katanya ayam semacam ini tak dapat dikalahkan.
 adapun untuk memperoleh ayam bangkok aduan yang mematikan kita harus memperhatikan asupan nutrisi contohnya seperti :

jamu ayam bangkok aduan


Jamu atau obat tradisional untuk ayam sangat beragam tergantung kasus penyakit ataupun penjaga kesehatan tubuh ayam.Ada banyak jenis jamu yang dapat dipilih dengan bahan yang mudah diperoleh disekitar kita.Pengolahannya tidak sulit penggunaannya untuk beragam jenis ayam seperti ayam konsumsi (pedaging dan petelor),ayam aduan dan ayam hias.

1. Meningkatkan stamina

Stamina ayam perlu ditingkatkan agar ayam dapat terhindar dari penyakit.Sebelum diadu,biasanya stamina ayam aduan harus dijaga,bahkan ditingkatkan.Adapun jamu untuk meningkatkan stamina ayam aduan adalah Larutan gula merah dicampur asam jawa secukupnya.Jamu ini diminumkan sebelum ayam diadu.Untuk ayam konsumsi,sebaiknya jamu ini diberikan bila cuaca disekitar kandang memburuk atau hujan.

2. Memulihkan stamina ayam aduan

Ayam yang baru selesai disdu biasanya staminanya menurun drastis.Bila tidak segera diatasi,ayam dapat terserang penyakit.

Adapun jamu untuk memulihkan stamina adalah Madu secukupnya dicampur kuning telor itik 1 butir.Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.

3. Meningkatkan gairah kawin pada ayam jantan

Agar secara teratur dapat mengawini betina sebagai pemacek,ayam jantan harus membutuhkan perawatan intensif.Selain diberi cukup pakan,juga perlu diberi obat penyehat tubuh dan penambah gairah kejantanan.Beberapa jamu yang dapat diberikan sebagai berikut.

a.Bawang putih 2 siung dilumatkan dan dicampur nasi hangat 1 sendok makan.Jamu ini dilolohkan untuk satu ekor pejantan dan pemberiannya setiap 4 hari sekali.

b.Jahe segar 2 potong sebesar ibu jari diparut dan diperas airnya.Air jahe ini dicampur sebutir kuning telor itik dan diberikan setiap Minggu sekali untuk seekor pejantan.

c.Tepung beras 2 cangkir dicampur kencur parut 1 cangkir,lalu dibentuk menjadi butiran pil sebesar jagung.Selanjutnya pil ini dijemur sampai kering.Pemberiannya sebanyak 5 pil/minggu untuk setiap ekor ayam pejantan.

d.Lada 100 g disangrai sampai kering,lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk halus.Bubuk lada ini dicampur kencur parut 0,5 kg,kuning telor itik 5 butir dan madu 1 sendok makan hingga terbentuk adonan kental.Adonan dibentuk butiran sebesar jari kelingking dan dijemur sampai kering.Sebanyak 2 butiran jamu diberikan sehari sebelum ayam digunakan sebagai pejantan.

e.Jahe segar 1 ruas jari diparut dan airnya diperas.Air jahe dicampur bubur nasi 1 sendok makan dan disuapkan keseekor ayam pejantan.Pemberiannya seminggu sekali.

f.Jahe segar 1 ruas jari diparut dan airnya diperas.Air jahe dicampur kuning telor itik 1 butir dan disuapkan untuk seekor ayam pejantan.Pemberiannya sekali seminggu.

4. Meningkatkan kualitas telor

Telor berkualitas dapat dilihat dari warna kuning telornya kuning cerah atau kemerahan.Agar kuning telor menjadi kemerahan,ayam yang sedang aktif bertelor dapat diberikan azolla sebagai tambahan bahan pakan.Perbandingan pakan dan azolla 4 : 1.Azolla merupakan sejenis tanaman paku air yang mengandung asam amino esensial.Asam amino esensial ini sangat dibutuhkan oleh tubuh ayam.

5. Meningkatkan nafsu makan

Ayam kurang sehat akan turun nafsu makannya.Untuk meningkatkan nafsu makan,ayam tersebut dapat diberikan salah satu dari beberapa ramuan berikut.

a.Bawang putih 3-4 iris dicampur dalam pakan.Ramuan ini diberikan untuk 10 ekor ayam dewasa setiap pagi.

b.Bubuk jahe 10 g dicampur dalam pakan dan diberikan setiap pagi.Dosis ramuan ini untuk 10 ekor ayam dewasa.

c.Jahe segar 2 ibu jari diparut dan diperas.Air perasannya dicampur kuning telor itik 1 butir.Dosis ramuan ini untuk seekor ayam dewasa dan diberikan setiap Minggu,Selain meningkatkan nafsu makan,pemberian pada Pejantan dan meningkatkan nafsu kawin.

Setelah menguasai tentang jamu kita lunjutkan dengan :

perawatan ayam bangkok aduan

Ayam yang sudah siap bertarung biasanya berumur 7 bulan, hal ini ditandai dengan seluruh bulu sayap dan bulu ekor tumbuh sempurna dan tidak ada lagi bulu-bulu yang muda. Ayam dengan umur dan kondisi seperti ini sudah bisa dilakukan penjemuran dalam kurungan selama 2 jam setiap harinya.

Sebelum dilakukan penjemuran sebaiknya ayam dimandikan terlebih dahulu untuk menurunkan temperature badan ayam setelah itu baru ayam diberi makan dalam kurungan sambil dijemur.
Waktu penjemuran yang baik adalah jam 9 pagi sampai jam 11 siang.

Setelah 10 hari waktu penjemuran ditambah 2 jam lagi yitu jam 9 pagi sampai jam 11 siang. Setelah 10 hari waktu penjemuran ditambah 2 jam lagi yaitu jam 9 pagi sampai jam 13 siang. Tujuan penjemuran ini untuk memperpanjang nafas ayam dan untuk membakar lemak yang menumpuk dibawah kulit dan selama penjemuran ayam tidak diberi air.

Setelah penjemuran selesai ayam diteduhkan dibawah pohon atau tempat yang tidak terkea cahaya matahari selama 15 menit, kemudian ayam diberi air minum.

Untuk menjadikan sebagai seekor ayam petarung yang tangguh ada beberapa hal yang harus diberikan pada ayam agar otot-ototnya kuat dan tahan terhadap pukulan. Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan ayam menjadi petarung yang tangguh:

1.    Berenang
2.    Melatih bertarung dengan ayam untulan
3.    Menyediakan kurungan ganda
4.    Ayam dilatih pakai ayunan
5.    Latih tarung di atas pasir
6.    Latihan beban pada kaki ayam
7.    Latihan dengan palang kayu
8.    Latih tanding

 harga ayam bangkok aduan

harga ayam bangkok aduan relatih tergantung dari botonya mau dijual berapa! biasanya kalau botoh lagi murah hati, ayam yang dibeli kepada botoh tersebut bisa murah.
kira-kira harga ayam bangkok antara 1 juta-500 ribu

vidio ayam bangkok aduan

untuk vidio cari aja di youtube.com banyak sekali bermaca-macam ayam bangkok dari yang ayam bangkok super ayam bangkok jalu ayam bangko kali dll.








0 comments:

Post a Comment